3 ELEMEN DASAR RHINO

Mengenal 3 Elemen dasar pembentuk Objek pada rhino

Mungkin diantara kita masih sangat awam dengan dunia 3d. atau barangkali lebih dari itu ada yang tak mengenal sama sekali. Tapi perkiraanku orang yang mengenal komputer pasti sedikit nya tahu apa itu 3d.
Maksudku desain 3D bukan amalan 3d (duit, dukun, dan dulur). 


Bagi orang yang awam dan penasaran mungkin bertanya-tanya, gimana.....yah bikin gambar 3d itu. orang-orang kok pada pinter yah...bikin gambar 3d seperti desain gedung, rumah, furnitur, mobil, dan lain sebagainnya...????, program apa yaaa yang di pakainya...???

pertanyaan sodara akan saya jawab satu-persatu. 
Ada beberapa cara atau teknik dan software yang digunakan para desainer membentuk sebuah objek 3D.
ada yang spesialis dengan yang namanya solid, ada yang spesialis menggunakan surfece, dan ada yang spesialis menggunakan mesh. yang sebenarnya 3 spesialis ini merupakan perangkat atau tool yang ada di tiap-tiap software. misalnya di 3ds max, ketiga istilah itu muncul dengan nama yang berbeda pada software lain juga ada. gak kalah juga di software rhino ini.

Di Rhinoceros ada 3 elemen penting yang harus kita kuasai untuk bisa membuat objek 3D:

1. Curve

Istilah lain curva ini adalah garis, di software lain ada yang manamakannya splin, atau ada juga hanya menamakannya line. tapi istilah curva pada rhino itu meliputi semua bentuk garis. mualai dari line, polyline, poligon, circle, rectangle, dsb. dengan kata lain curve itu semua yang berbentuk garis. dan biasanya ini menjadi peran pertama desain 2d dan pondasi bagi 3d.

2. Surface

Surface bisa diibaratkan sebuah lembaran. dimana lembaran-lembaran ini bila kita sambungkan satu dengan yang lainnya akan bisa membentuk objek 3d. dan lembaran atau surface ini tercipta dengan bantuan curve. dengan kata lain untuk membuat surface terlebih dahulu kita harus membuat pondasinya dengan garis/ curve.
saya akan berikan contoh pada gambar beikut :


Diatas terliahat pertama hanya sebuah kotak/ rectangle kemudian dengan bantuan tool ( disini saya pakai extrude ) menjadi sebuah lembaran yang menyerupai cerobong berbentuk kotak. OK, perhatikan baik-baik yah.

3. Solid

Solid artinya padat. atau dengan kata lain tidak ada celah untuk keluar masuk udara atau air. Contohnya balok. Jadi arti solid itu sendiri adalah sebuah gambar yang benar-banar rapat, entah itu terbuat dari lapiasan/ surface atau memang terbentuk dari benda solid. sebagai contoh, kita ambil dari gambar surface di atas. apabila atas dan bawahnya di tutup dengan surface lagi... kemudian di join atau di satukan maka akan terbentuk benda solid. jelas....???
sebagai tambahan kalau benda sudah solid makan kita kan bisa mengukur volume dari benda itu sendiri. OK.


Sampai disini dulu pengenalan rhinoceros nya. kita sambung lain waktu.....
moga bermanfaat.


Sumber; Blog lama