MENGENAL AREA KERJA RHINOCEROS

Deskboard rhino

MENGENAL AREA KERJA RHINOCEROS (part 1)


Yang layaknya sebuah bengkel atau dapur produksi. Dimana di dalamnya banyak terdapat perkakas (tools) yang memiliki fungsi berbeda-beda, digunakan sesuai kebutuhan dan keinginan kita, bahkan kita bisa memilihnya sesuai dengan yang paling nyaman menurut kita. Contohnya, kalau dalam dunia furnitur apabila hendak memotong kayu kita harus menggunakan gergaji. Dan dalam dunia gergaji pun banyak pilihannya, ada untuk membelah, ada untuk memotong, ada yang besar, ada juga yang kecil. Tapi ada juga gergaji yang serba guna. Kita bisa memilih sesuai kebutuhan.


Begitu juga dengan rhino, untuk memotong sebuah objek desain kita bisa menggunakan banyak tool. Ada yang berfungsi untuk memotong garis, ada yang specialis untuk objek surface, ada juga khusus buat objek solid, Tantu saja ada juga yang serba guna. Semua akan kita bahas nanti. 
Kesimpulannya area kerja rhino bisa kita ibaratkan seperti area kerja sebuah bengkel atau workshop di dunia  nyata dalam produksi sebuah produk. 

MENGENAL BAGAIAN-BAGAIAN DASHBOARD RHINO

1.  MENUBAR



Menubar ini adalah tempat dimana semua perintah-perintah kerja rhino di muat. Mulai dari menu FILE, EDIT, VIEW, CURVE, SURFACE, SOLID, MESH, DIMENSION, TRANFORM, TOOLS, ANALYZE, RENDER, sampai menu HELP.
Sedikit saya akan jelaskan secara garis besar fungsi – fungsi dari menu bar tersebut :


FILE

Menu ini memuat perintaah – perintah yang berkaitan dengan memanage File, seperti Open, save, import, export, dll.

EDIT : 

Disini menu yang berperan untuk mengedit objek secara global dicantumkan. Mengedit objek secara gelobal, artinya adalah menu yang perintahnya umum bisa dipakai mengedit semua objek. Baik itu jenis objek curve, surface, solid, ataupun mesh. Contohnya : copy – paste, join – explode, trim & splite. Dll.

VIEW : 

View Artinya tampilan, jadi sudah tentu menu ini memuat masalah yang berhubungan dengan penampilan atau penampakan. Menu ini berhubungan dengan tampilan deskboard, grid, layout, dll.

SURFACES : 

Menu ini berisikan perintah – perintah untuk bekerja dengan surface. Yaitu meliputi tools untuk membuat surface dan tools untuk mengedit surface.  Kesimpulannya, 
apabila anda bekerja dengan surface. Pastikan mencari perintah – perintahnya di menu ini.

SOLID : 
Solid itu berarti padat, jadi dalam menu ini kita akan menjumpai berbagai perintah atau menu yang berhubungan dengan objek solid di rhino. Mulai dari perintah cara pembuatan objek solid sampai menu perintah untuk mengedit objek solid tersebut.

MESH : 

Seperti Surface dan Solid, mesh merupakan salah satu objek penting yang akui oleh rhino. Jadi perlakuanya pun hampir sama, mesh memiliki perintah atau menu sendiri. 

DIMENSION : 

Sebagai salah satu software yang berorientasi pada keakuratan dan detail. Dalam menu ini kita akan  menemukan berbagai perintah yang berhubungan dengan alat ukur untuk sebuah objek yang kita buat. Mulai dari penentuan unit pengukuran seperti meter, centimeter. Sampai semua perintah untuk pengukuran berbagai objek.

TRANFORM, TOOLS, ANALYZE, RENDER, sampai menu HELP tidak akan saya bahas pada kesempatan ini. Mengingat malam sudah terlalu larut. Jadi akan saya bahas di lain waktu. 


Demikianlah sedikit pembahasan sekilas pengenalan rhino ini. Moga bermanfaat dan sukses buat kita semua.