KOLABORASI COREL, AUTO CAD DAN RHINOCEROS

Corel DRAW dan Rhinoceros

Kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman untuk para desainer yang masih belajar. Terutama bagi teman teman yang sudah bisa menggambar dengan corel dan autocad yang hendak membuat deain 2d menjadi 3d menggunakan rhino.

Peran kolaborasi tiap software yang saya sebutkan diatas. yaitu corel, autocad, dan rhinoceros. Saya rasakan semuanya sangat penting dan bisa saling behubungan atau saling membantu. Terutama bagi orang yang belum mahir menggunakan semuanya.


Sebagaimana kita tahu corel peran utamanya adalah grafis, dia sangat fleksibel untuk urusan desain curva atau garis. kita bisa dengan sangat mudah membuat desain seperti logo, sketsa, denah, dan lain sebagainya dengan keadan yang halus.


Tidak seperti AutoCAD dan rhino, keduanya ada batasan kesulitan dibidang curva atau garis ini. Sebagai contoh untuk membuat logo yang sedikit rumit, mereka sulit untuk membuat curva yang sesuai keinginan kita. contohnya logo font air minum AQUA (klik disini untuk lihat tutorialnya).


Tapi kita juga terkadang membutuhkan logo itu dalam bentuk 3D, maka  autocad atau rinoceros lah yang berperan. Jadi sebagai kesimpulan awal, kita bisa export logo hasil desain dari corel ke AutoCAD untuk dijadikan model/ desain 3D. 


Disini perlu anda ketahui..... saat ini corel belum bisa export ke Rhinoceros. Dan untuk mengsiasatinya, anda inport desain logo dari autocad ke rhino. Perhatikan gambar diagram berikut :


Corel DRAW-------> AutoCAD -------> Rhinoceros


KESIMPULANNYA :


Gambar dari CorelDWAR di export menjadi bentuk AutoCAD (file : *.DWG), kemudian file tersebut buka atau import di Rhinoceros.


Mungkin ada pertanyaan :

Kenapa harus di Rhinoceros kalau di AutoCAD sudah bisa ?

Jawabanya : Bisa saja kita membuat logo/desain 3D langsung di Autocad, tetapi syaratnya desain tersebut harus sederhana. Karena di AutoCAD masih ada batasan kesulitan untuk desain yang rumit, contoh saja desain Natural/ Organik seperti desain buah pisang, desain bentuk binatang, raut wajah, dsb. 


Kenapa tidak langsung di Rhinoceros saja... membuat desainnya, kenapa minta bantuan corel...??

Jawabannya : Walaupun Rhino mampu membuat desain semacam Natural/ Organik, tapi masih ada kelemahan juga... yaitu dalam membuat garis/ curv tidak bisa secepat di corel.


Jadi kesimpulan akhirnya 

ketiga software tersebut sangat dibutuhkan karena saling mendukung untuk mendaptkan desain yang kita butuhkan.


Sebagai tambahan... sealain ketiga software diatas kita perlu juga mengenal software lain yang tak kalah penting kontribusinya dalam pembentukan desain sempurna, seperti Solidworks, Inventor, 3Ds max, Sketch Up, Photoshop, dll.