Cara merubah scala objek



Kali ini saya ingin berbagi sedikit ilmu...
tapi ini diperuntukan yang baru belajar yaaa...
bagi yang sudah ahli, jangan mentertawakan yaaah.
karena saya juga masih terus balajar.




Ok. ilmu kali ini adalah. cara merubah skala objek. misalnya objek kotak yang tadinya ukuran 20x20x20 di jadikan ukuran 20x100x50. atau sesuai keinginan kita, entah itu diperbesar atau diperkecil.

Caranya....
Ikutin langkah - lankah sederhana berikut :

1. Coba buka file yang sudah ada pada totorial ( ) atau anda buat sendiri sebuah kotak dengan ukuran sembarangan saja. Entah itu 20x20x20 atau berapan pun. dan sebagai contoh di bawah ini ada gambar yang sudah saya siapkan untuk diperaktikan. ok lanjutkan yah.


 2. Pilih/ seleksi objek yang akan kita rubah scala nya. contoh (lihat gambar) saya pilih kubus.



 3. Pilih menu ( tranform - scale - scale 3-D ), kali ini kita akan bahas scale 3D. Artinya perubahan scale secara merata antara sumbu x,y,z nya.




 4. Atau pilih pada menu seperti gambar berikut.




5. Setelah anda memilih cara antara no 3 atau no 4 diatas. anda tentukan point awal (dimana saja) untuk memulai mengubah scala objek. sebagai contoh (lihat gambar) saya tentukan di ujung bawah kubus.




 6. Kemudian anda tentukan point kedua, ini tujuannya untuk menentukan arah. Anda silahkan pilih, keatas, kebawah, kesamping. kemanapun bebas.



7. Selanjutnya Anda tarik (drag) kearah yang dikhendaki. Maksudnya... kalau anda hendak memperbesar, anda tarik kearah luar antara dua point tadi. sebaliknya apabila hendak memperkecil anda tarik kedalam (kearah point pertama). Contah (lihat gambar) saya hendak memperbesar scala.



 8. Setelah menarik kearah (luar) yang kita inginkan. klik  kanan untuk mengkhiri. SELESAI.



 semoga bermanfat