MANAGEMENT FILE

Manage File


Kali ini kita akan mulai mempelajari tahap awal yang paling mendasar dalam rhino, yaitu bagaimana cara memanage file pada software rhinoceros.




Sengaja saya ambil istilah manage file ini. soalnya biar bisa sedikit cepat faham...Management artinya mengatur, sedangkan file itu sendiri artinya dokumen. jadi mudahkan untuk memahaminya. 
 
Beberapa dalam pembahasan ini meliputi :membuka dan menutup file rhino, membuat file baru, mengenal impor dan expor, dll.

Open dan save : Untuk open dan save file Pada dasarnya sama seperti halnya pada MS office atau software window lainnya. Yaitu dengan memilih menu file-kemudian pilih Open – kemudian akan muncul dialog box open – selanjutnya anda pilh salah satu file berjenis rhino tersebut (bila sudah ada file).
 

Lalu bagaimana bila kita yang statusnya baru mengenal atau belum mengenal rhino, sehingga jangankan membuka file dokumen rhino, membuatnya saja belum pernah. 

Jangan kawatir dulu. saya akan pandu beberapa langkah untuk bisa membuka file berjenis rhino untuk yang belum  tahu.

OK, langsung saja 
  1. Apabila anda sudah membuka atau mengklik menu File di menubar - kemudian klik Open.
  2. Sampai disitu anda akan disuguhkan  dialog boox Open kan.... 
  3. NAH...Sekarang  untuk lebih mudahnya coba kita buka file yang sudah disediakan oleh rhino di :  computer/local disk (C)/program file/rhinoceros 4.0/English/Tutorial/Level 1/first model



HASILNYA :





MUDAH KAN.....!

OK samapi disini dulu. nanti akan kita lanjutkan pembahasannya ke materi bagaimana cara save file atau menyimpan file.