CATA MEMBUAT SHORTCUT KEY PADA COREL DRAW

CARA MEMBUAT SHORTCUT KEY PADA COREL DRAW


Berawal dari pengalaman pribadi,  waktu itu saya masih berstatus  sebagai operator setting desain grafis di sebuah perusahan percetakan di Bandung. Saat itu saya belum terbiasa kerja cepat karena belum mengenal cara membuat shortcut key seperti sekarang. Sebagai perusahaan jasa, kerja cepat merupakan faktor pendukung yang sangat berpengaruh. 

 
Waktu itu orderan sangat banyak , membuat saya benar kewalahan dalam mengendalikan software grafis (Corel DRAW) yang saya pakai. Bagaimana tidak kewalahan, kadang hanya untuk merubah warna saja butuh waktu 2 sampai 3 detik. Bisa dihitung bagaimana apabila jumlahnya banyak, mungkin akan menyita waktu dalam menggeserkan mouse ke arah tools bar yang ada di desktop.  Pointer akan lari-lari kesana kemari untuk menunjuk dan mengklik perintah yang kita pilih. 
 

Nah.. bagi anda yang memiliki kasus seperti saya diatas. Anda tak perlu panik. Ada beberapa trik yang bisa membantu kewalahan anda dalam mengendalikan software  corel anda. Adapun trik tersebut adalah membuat jalan pintas untuk beberapa printah yang sering digunakan, atau dengan kata lain membuat shortcut. Sehingga tangan kanan anda takperlu banyak bergerak menggerakkan mouse ke tools bar. Dan mata anda pun tikan banyak melompat-lompat mengikutin arah pointer. Cukup tangan kiri menekan salah satu huruf di keyboard, perintah pun siap di tindaklanjuti. 

Adapun trik untuk membuat shortcut adalah sebagai berikut :
1.    Masuk ke options dengan cara : clik tools – pilih Options


2.    Pilih atau cari command  (seperti terlihat di atas)

3.   Sebagai contoh, kita akan membuat chortcut untuk powerClip. Maka pilih di effect – PowerClip, lihat gambar :
 


4.    Masuk ke tab shortcut key, maka akan colom new shortcut key. Disana pilih tombol di keyboard terserah anda. Sebagai contoh saya pakai Alt+A.


5.    Setelah itu OK.

Selesai sudah membuat shortcut baru sesuai kebutuhan kita.

Selanjutnya apabila anda memerlukan perintah PowerClip, anda tinggal tekan ALT+A pada Keyboard dengan tangan kiri anda. OK.
Semoga bermanfaat.